bitcoin

Harga Bitcoin sekarang 50% di bawah puncaknya karena penurunan nilai crypto berlanjut

Bitcoin melanjutkan penurunan tajamnya hingga Senin setelah akhir pekan yang sulit, turun 5,2% selama 24 jam terakhir menjadi $32.940 pada pukul 7:00 pagi ET. Ini adalah hari kelima berturut-turut untuk Bitcoin, yang mengirimkan harga pasarnya kurang dari setengah dari harga tertinggi sepanjang masa di $69.000 yang ditetapkan pada bulan November.

Penurunan ini tidak eksklusif untuk Bitcoin. Ethereum, cryptocurrency terbesar kedua, juga turun 5% menjadi $2.440 sejak awal akhir pekan.

Lihat Juga  Daftar Nama 19 Investor yang Digandeng Elon Musk Akuisisi Twitter

Sejak Jumat, bitcoin telah menembus di bawah garis tren naik tiga bulan dan jatuh dari kisaran $35.000 hingga $46.000 yang telah berosilasi selama beberapa bulan pertama tahun 2022. Analis sekarang menyarankan bahwa penurunan harga bisa menjadi awal dari tren pasar baru karena valuasi Bitcoin mendekati level terendah sejak Juli 2021.

Edul Patel, chief executive officer Mudrex, platform investasi crypto berbasis algoritma, mengatakan kepada Bloomberg, “Tren turun kemungkinan akan berlanjut selama beberapa hari ke depan,” katanya, mencatat bahwa Bitcoin dapat menguji $30.000.

Terendah Juli 2021

Ketika investor institusional dan profesional muncul dari sifat cryptocurrency yang bergejolak dan mulai mendominasi pasar, harga bitcoin dan cryptocurrency lainnya semakin mulai bergerak seiring dengan pasar.

Dengan korelasi 40 hari Bitcoin dengan patokan S&P 500 pada rekor 0,82, menurut data Bloomberg, setiap kejutan yang mendorong investor untuk mundur ke sudut pasar yang lebih aman cenderung memukul saham teknologi yang lebih berisiko dan mata uang kripto yang lebih kuat daripada aset lainnya.

Saham berjangka AS jatuh dan hasil Treasury naik setelah Federal Reserve mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan menaikkan suku bunga setengah poin persentase – kenaikan terbesar sejak 2000 – untuk melawan inflasi. Saham Eropa dan Asia juga jatuh pada hari Senin. Pan-European Stoxx 600 tergelincir 1,5% pada akhir pagi dan indeks acuan Nikkei Jepang turun sekitar 2,5%. Nasdaq Composite, tolok ukur teknologi berat, ditutup di bawah 1,4% pada hari Jumat, membawa penurunan year-to-date menjadi 23,3%.

Lihat Juga  Bitcoin jatuh di bawah $23.000 karena krisis kripto berlanjut

Penurunan harga Bitcoin selama beberapa hari terakhir benar-benar membalikkan kenaikan harga yang melihat harga mencapai $69.000 pada November 2021.

Lucas Outumuro, kepala penelitian di IntoTheBlock, mengatakan kepada Fortune minggu lalu bahwa “Saya merasa sulit untuk membangun tren bullish yang lebih luas untuk bitcoin sampai pasar mulai melihat melampaui dampak [pengetatan kuantitatif] dan kenaikan suku bunga.”

Darshan Bathija, kepala eksekutif pertukaran crypto yang berbasis di Singapura, Vauld, mengatakan kepada Bloomberg, “Dihadapkan dengan kekhawatiran kenaikan inflasi, sebagian besar investor telah mengambil pendekatan risk-off, menjual saham dan cryptos sama-sama untuk mengurangi risiko.”

Lihat Juga  Pasar Kripto Lanjutkan Koreksi Imbas Aksi Jual

Leave a Reply

Your email address will not be published.