kripto

Pasar Kripto Lanjutkan Koreksi Imbas Aksi Jual

Bitcoin dan mayoritas kripto teratas lainnya masih melanjutkan penurunan pada Sabtu pagi (7/5/2022)karena cryptocurrency terus jatuh hampir selaras dengan pasar saham utama AS. Sempat terjadi juga aksi jual di pasar kripto sama seperti yang terjadi pada pasar saham AS.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar, Bitcoin sempat turun menjadi USD 35.694 atau sekitar Rp 517,5 juta (asumsi kurs Rp 14.498 per dolar AS) pada Jumat, turun atau 9,1 persen dalam 24 jam terakhir. Kemudian per Sabtu, menurut data dari Coinmarketcap, harga Bitcoin sedikit berada di atas USD 36.000, masih turun 1,40 persen dalam satu hari terakhir.

Lihat Juga  Harga Bitcoin sekarang 50% di bawah puncaknya karena penurunan nilai crypto berlanjut

Cryptocurrency lainnya juga mendapat pukulan besar selama pekan pertama Mei 2022 ini. Ethereum sebagai kripto terbesar kedua, juga turun sekitar 1,89 persen selama hari terakhir, sekarang diperdagangkan pada kisaran USD 2.689. Pasar cryptocurrency secara keseluruhan turun 8,1 persen dalam 24 jam.

Penurunan ini terjadi setelah Federal Reserve mengindikasikan akan menaikkan suku bunga setengah persentase poin pada Kamis lalu, yang memicu aksi jual pasar saham. Ini menunjukkan kripto semakin bergerak selaras dengan saham teknologi.

Kepala penelitian di IntoTheBlock, Lucas Outumuro menulis dalam buletinnya, pasar berbalik arah karena sentimen dari The Fed.

Lihat Juga  Bitcoin jatuh di bawah $23.000 karena krisis kripto berlanjut

“Pekan ini pasar tiba-tiba berbalik arah setelah pertemuan Federal Reserve. Pelaku pasar menyambut pernyataan Jerome Powell tentang tidak ada 75 basis poin pada Rabu, naik kuat, hanya untuk berakhir di level yang lebih rendah pada Kamis. Indeks pasar saham dan kripto bergerak sinkron, sekali lagi,” tulis Outumuro dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (7/5/2022).

Outumuro juga menjelaskan secara keseluruhan sentimen bearish ini masih terus berlanjut karena The Fed akan melakukan banyak cara untuk menghambat inflasi. Dengan kebijakan-kebijakan The Fed ini akan semakin menguatkan korelasi antara pasar kripto dan pasar saham teknologi AS.

Sumber

Lihat Juga  Daftar Nama 19 Investor yang Digandeng Elon Musk Akuisisi Twitter

Leave a Reply

Your email address will not be published.